Saturday, September 10, 2011

Nama Bulan hijriyah dan Nama Hari dalam Bahasa Arab

Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender yg biasa (kalender Masehi) digunakan yg menggunakan peredaran matahari. Kalender Islam seringkali dikenal sebagai kalender Hijriyah. Penetapan kalender Hijriyah dilakukan pada jaman Umar bin Khatab, yg menetapkan peristiwa hijrahnya Rasululloh SAW (ditemani Abu Bakar) dari Mekah ke Madinah. Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29 - 30 hari. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan firman ALLAH SWT, ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (At Taubah(9):36).  
1. Muharram. Artinya, yg diharamkan atau menjadi pantangan. Di bulan Muharram, DILARANG untuk berperang.
2. Shafar. Artinya, kosong. Di bulan ini, lelaki Arab pergi untuk merantau atau berperang. 
3. Rabi’ul Awal, artinya masa kembalinya kaum lelaki yg merantau (shafar). 
4. Rabi’ul Akhir, artinya akhir masa menetapnya kaum lelaki. 
5. Jumadil Awal, artinya awal kekeringan. Maksudnya, mulai terjadi musim kering. 
6. Jumadil Akhir, artinya akhir kekeringan. Dengan demikian, musim kering berakhir. 
7. Rajab, artinya mulia. Jaman dulu, bangsa Arab sangat memuliakan bulan ini. 
8. Sya’ban, artinya berkelompok. Biasanya bangsa Arab berkelompok mencari nafkah. 
9. Romadhon, artinya sangat panas. Bulan yg memanggang (membakar) dosa, karena di bulan ini kaum Mukmin diharuskan berpuasa/shaum sebulan penuh. 
10. Syawal, artinya kebahagiaan. 
11. Zulqaidah, artinya waktu istirahat bagi kaum lelaki Arab. 
12. Zulhijjah, artinya yg menuaikan haji.  

Nama-nama hari Kalender Hijriyah terdiri dari 7 hari. Sebuah hari diawali dengan terbenamnya matahari, berbeda dengan Kalender Masehi yang mengawali hari pada saat tengah malam. Berikut adalah nama-nama hari: al-Ahad (Minggu) al-Itsnayn (Senin) ats-Tsalaatsa' (Selasa) al-Arba'aa / ar-Raabi' (Rabu) al-Khamsatun (Kamis) al-Jumu'ah (Jumat) as-Sabat (Sabtu).

Fans Fage

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More